22.8.10

Beranda

Pasar Kelua

  •  Utara          =  Kecamatan Banua Lawas Kecamatan Pugaan
  •  Selatan        = Propinsi Kalteng (Kalimantan Tengah)
  •  Timur          = Kecamatan Muara Harus
  •  Barat          = Kabupaten Balangan


Kecamatan Kelua atau biasa disebut orang pribumi adalah "Kalua", merupakan sebuah kota kecil namun memiliki beragam keistimewaan yang unik, Kelua ini terletak di antara kota Tanjung dan kota Amuntai, walaupun kecil kotanya, namun kota Kalua tidak kalah maju dan berkembangnya dibandingkan Ibukota Kabupaten yang lain seperti : Tanjung, Amuntai, Kandangan, Barabai dll, baik dari segi perekonomian, industri, Teknologi informatika dll.
Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh kota Kalua juga memiliki nilai bobot yang tidak kalah hebatnya dibanding dengan kota lain. Dipandang dari aspek sosial; orang-orang di Kalua adalah orang-orang yang ramah dan sopan serta memiliki rasa persaudaraan yang tinggi, disamping itu pula kota Kelua masih kental dengan budaya-budaya keislaman yang membuat kota Kelua semakin damai dan sejahtera.

6 komentar:

  1. terima kasih atas kunjungannya ... terus berkarya untuk anak negeri ... hidup kelua !!!!
    www.simpangmahar.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sakalinya, ada jua buhan kita nang harat ma edit, tarusakan dingsanakai.....HIdup Indonesia...
    Dari team www.banjarkuumaibungasnya.blogspot.com
    Salam badingsanakan haja ^_^

    BalasHapus
  3. Assalaamu’alaikum wr.wb
    Saya ni urang banjar kalua dari generasi ke empat,paninian semua’an udah
    meninggal dunia,cuma tinggal abang paninian datuk.datuk ada tujuh beradik,
    ngaran arwah datuk Hj Yusuf bin Umpau,mengikut apa yang dicerita kan oleh arwah datuk saya, Arwah Umpau (moyang) berasal dari Banjarmasin,tapi saya kada pinandu dimana kulaan di Banua.hanya tahu bubuhannya kalua haja, umpamanya moyang matan Kalua.Moyang saya dahulu dilantik sebagai Sidang,mengikut pemahaman saya urang Banjar zaman dahulu yang yang datang ke Selangor pada 1862 adalah para pendukung Pangeran Antasari dalam kemelut perang Banjar,urang banjar yang datang ke Tanah Melayu dahulu sangat berpengaruh dn kuat penganggan agama demikian itu mereka dilantik sebagai Imam atau ketua sesebuah kawasan penempatan tersebut.Saya kurang pasti sama ada moyang saya termasuk dalam kalangan pendukung Pangeran Antasari atau keturunan Gusti,dalam masa terdekat saya akan cube dapatkan maklumat sebenar dari sumber keluarga terdekat.

    Semasa hayat arwah datuk ada pantang larang seperti tidak boleh melihat urang datang kerumah beliau berpakaian serba kuning raja,dan selain itu ada juga pantang-pantang lain yang akan saya akan ceritakan dikemudian masa.
    sila hubungi saya:
    email:eyass_ali@yahoo.com
    no tel 0176682956 (Alias Ahmad)

    BalasHapus
  4. Bagus blog urang Kalua ne kaya urangnya hehe ... kunjungi jua blog kami dangsanak ... update terus blognya ... ne alamat blog kami ... http://afasaka-kalsel.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Memang bujur urang kalua yang paling banyak tulak madam ka banua malaysia. Suku kalua banyak bagana di daerah kuala selangor, sabak bernam, klang dan petaling jaya. Manakala di negeri perak di daerah bagan datoh, teluk intan, malim nawar, bota kiri dan kanan, sepanjang daerah semanggol hingga ke parit buntar. Manakala suku alai Barabai, kandangan dan lain lain madam dimuar,batu pahat, johor. Parit 5 hingga ke parit 12 sg.besar, selangor, sg.manik, teluk intan perak.

    BalasHapus

Terimakasih gasan kakawanan nang sempat manyawatakan maisi komentar nya disini